03.37
0
Jombang-(satujurnal.com)
Bakso, kuliner yang satu ini memang sudah menyebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Namun bagi para pecinta kuliner, bakso keju di Jombang bisa jadi salah satu referensi. 

Rasa gurih bercampur asin keju yang menyatu dalam bakso menimbulkan kenikmatan sendiri bagi penikmat makanan ini, seperi bakso keju di Rumah Makan �26�, Desa Mojowangi, Kecamatan Mojoagung, Jombang. 

Berbeda dengan bakso pada umumnya yang berisi telur atau daging,  bakso di rumah makan ini berisi keju. Bakso keju ini benar-benar rasa asin keju nan gurih. Bakso ini menjadi sensasi tersendiri bagi yang penikmat bakso keju. Untuk satu porsi bakso keju bisa dinikmati dengan harga Rp 10 ribu. .

Rumah makan ini biasanya buka setiap hari, mulai pukul 7:00 pagi hingga 5 sore. Saat jam makan siang atau sore, rumah makan biasanya banyak di kunjungi para pelanggannya. 

Meski baru dua bulan menyediakan menu bakso keju,  di rumah makan ini bakso keju ini sudah mempunyai pelanggan tetap. Omset bakso keju ini satu bulan mencapai antara Rp 7 juta hingga Rp 10 juta. 

Bahan bakso keju yakni tepung panir, bawang merah dan bawang putih, telur daging sapi dan tentunya keju. Untuk perbandingan tepung dan daging, yakni 1 kilogram tepung berbanding 4 kilo daging.

Bahan-bahan kemudian di blender jadi satu sampai halus. Adonan bakso yang sudah diblender kemudian dibentuk bulat dengan di isi irisan keju. 

Bakso kemudian di rebus selama 10 hingga 15 menit sampai bakso mengambang. Bakso kemudian di angkat dan siap untuk disajikan ke pelanggan.

Pemilik rumah makan mengatakan bakso keju sengaja dibuat agar berbeda dengan bakso yang lain  sehingga rumah makannya memiliki menu khas tersendiri. Selain bakso keju, rumah makan ini juga menyediakan berbagai masakan lain, seperti soto sulung aneka ikan bakar hingga spageti.(rg)