11.31
0
Sekilas tentang kabupaten Mojokerto...

Mojokerto
merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Di Mojokerto terdapat kecamatan Trowulan, yang diduga sebagai pusat dari Kerajaan Majapahit. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya situs purbakala yang diduga sebagai peniggalan kerajaan MOJOPAHIT Kabupaten Mojokerto terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan.

PERBATASAN DAERAH KABUPATEN MOJOKERTO

Utara : Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik
Selatan : Kabupaten Malang dan Kota Batu
Timur : Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan
Barat : Kabupaten Jombang

Kabupaten Mojokerto memiliki sejumlah obyek wisata menarik. Trowulan adalah daya tarik utama wisata sejarah di kabupaten ini, karena terdapat puluhan candi peninggalan Kerajaan Majapahit, makam raja-raja Majapahit, serta Pendopo Agung yang diperkirakan berada tepat di pusat istana Majapahit. Kawasan pegunungan di selatan juga merupakan kawasan wisata andalan, di antaranya Pemandian Air Panas di Pacet dan vila-vila peristirahatan di Trawas.
Hal lain adalah perkembangan industri kecil di Mojokerto, antara lain: Kecamatan Sooko terkenal sebagai sentra industri sepatu dan sandal, Kecamatan Trowulan terkenal dengan kerajinan emas, perak, dan patung batu. Kecamatan Bangsal terkenal dengan krupuk rambaknya dan juga sekolah polisi negara.

Sumber : http://iqtinggi.blogspot.com